Cara Menekan Senar Agar Tidak Sakit Saat Bermain Gitar

Cara Menekan Senar Agar Tidak Sakit Saat Bermain Gitar

Budi Santoso


Saat bermain gitar, jari tangan mungkin akan mengalami nyeri akibat getaran yang ditimbulkan dari senar gitar. Apalagi bagi seorang pemula, sering kesulitan menekan kunci gitar karena jari-jari masih kaku dan jari tangan sedang membentuk kapalan (penebalan kulit). Jari Kapalan merupakan suatu hal yang wajar bagi pemain gitar agar melindungi jari ketika menekan senar. Namun, ketika jari anda mulai terasa nyeri dan robek, berhentilah memainkan gitar dengan segera.


Hal tersebut terjadi lantaran anda belum menyesuaikan gitar dan teknik bermain anda agar mudah dimainkan. Saya sendiri awalnya juga demikian ketika baru pertama kali belajar gitar, bahkan hampir semua orang yang pernah belajar gitar merasakan hal yang serupa dengan yang anda alami sekarang. Seiring berjalannya waktu dan rajin berlatih, jari-jari anda akan terbiasa setelah ujung kulit jari semakin kuat dan menebal atau kapalan.


Berhubung saya sudah terbiasa dengan kejadian tersebut, saya akan memberikan tips menekan senar agar tidak sakit dan tanpa harus kapalan terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman saya, berikut beberapa langkah yang bisa anda terapkan supaya jari tidak mudah sakit dan nyeri ketika bermain gitar.


Tips & Trik Menekan Senar Agar Tidak Sakit Saat Bermain Gitar:


1. Tekan Senar Gitar Secara Ringan

Ketika bermain gitar, penekanan senar gitar sebaiknya dilakukan secara ringan atau lembut. Jangan terlalu erat dalam menekan senar, akibatnya jari tangan anda nantinya mudah memerah dan robek. Usahakan juga tidak menekan ke pinggir fret (bilah logam tipis pada leher gitar yang disusun dalam jarak teratur). Jagalah agar genggaman tangan tetap kendur agar tidak memberi tekanan yang tidak perlu pada jari. Jika tidak ada suara yang keluar ketika Anda mengocok gitar, kencangkan sedikit genggaman jari hingga suaranya terdengar.


2. Gunakan Kunci Gitar Yang Mudah

Penggunaan kunci gitar kres minor (#m) sering memaksa jari-jari kita untuk menekan senar gitar secara tegak atau tergantung, biasanya kunci jenis ini menggunakan fret yang tinggi. Sehingga getaran senar yang ditimbulkan semakin ditahan oleh ujung jari anda. Aksi gitar yang baik adalah sekitar 0,16 cm di fret pertama dan 0,48 cm pada fret ke-12. Karena itulah, sebaiknya gunakan kunci gitar yang mudah saja misalnya kunci dasar agar terhindar dari rasa sakit dan nyeri.


3. Genjrengan Sewajarnya

Berdasarkan pengalaman saya menggenjreng terlalu keras juga bisa menjadi penyebab jari mudah sakit dan nyeri. Karena itu genjrengan gitar juga perlu dilatih dan disesuaikan dengan ritme lagu yang anda mainkan setelah anda menguasai kunci gitar. Jangan terlalu kencang, juga jangan terlalu pelan sehingga suara gitar tidak terdengar.


4. Stem Kekencangan Senar Rendah atau Longgar

Terakhir, jika anda masih merasakan nyeri dan sakit ketika memainkan gitar walaupun hafal keseluruhan kunci gitar. Bisa jadi karena anda menyetem senar terlalu kencang atau menggunakan nada yang tinggi. Sehingga tekanan jari pada senar menjadi keras dan mengakibatkan tangan cepat nyeri, oleh karena atur kekencangan senar gitar sedikit lebih rendah atau longgar. Yang penting masih enak didengarlah nadanya meski rendah.


Demikian tips menekan senar agar jari tidak sakit saat bermain gitar yang bisa saya sampaikan. Semoga postingan dari saya bisa bermanfaat dan memudahkan kalian dalam bermain gitar yang baik dan menyenangkan. Bagaimana, apakah kamu sudah faham teknik bermain gitar yang enak dan nyaman? Bagikan postingan ini jika anda menyukainya ya!